Segera Beralihlah ke Nasi Merah!

Jumat, 07 Juni 20131komentar

Nasi Merah
Beralihlah ke Nasi Merah. Nasi Merah merupakan salah satu makanan wajib bagi mereka yang sedang menjalankan program diet, ini di karenakan kandungan gizi yang yang mendukung program tersebut sangatlah banyak.

Menurut pakar gizi dan keamanan pangan Profesor Ahmad Sulaiman dari Institut Pertanian Bogor (IPB), nasi merah merupakan merupakan salah satu jenis pangan lokal khas Indonesia yang sangat unggul. Karena beragam kelebihannya pula, nasi merah seharusnya menjadi makanan pokok dan tidak hanya dikonsumsi di kala diet saja.

Di sela-sela acara Nutritalk Jelajah Gizi Sari Husada di Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta, Jumat (2/11/2012), Ahmad memaparkan ENAM kelebihan yang dimiliki nasi merah. Kelebihan ini pula yang membuat nasi ini perlu menjadi pilihan utama apabila ingin hidup Anda lebih sehat :

1. Lebih organik

Nasi adalah makanan yang dimasak dari jenis padi merah alias pagi gogo atau padi huma. Padi ini biasanya ditanam secara organik sehingga relatih lebih menyehatkan. "Padi ini sangat tergantung dari turunnya hujan, di tanam di ladang-ladang dan tidak disawah, tidak direndam. Dapat dikatakan padi ini hampir dibiarkan, jarang-jarang disemprot (pestisida) dan mungkin dipupuk juga jarang. Paling diurus dicabutin rumputnya. Jadi, secara alami padi ini neglected (dibiarkan)," ujar Ahmad.

2. Lebih banyak serat

Menurut Ahmad, padi gogo yang merupakan bahan nasi merah yang sebenarnya tidaklah selalu berwarna merah. "Padi ini memang tidak disoso. Setelah digiling sekamnya, kulit arinya dibiarkan menempel. Sehingga dengan demikian padi ini memiliki beberapa keistimewaan," ujar Guru Besar Ilmu Gizi IPB itu.

Pada kulit ari ini, justru terkandung zat gizi yang pada beras putih biasanya dibuang. Pada kulit ini banyak serat yang bermanfaat. Tak heran apabila kandungan serat pada nasi merah dua kali lebih tinggi dibandingkan nasi putih.

3. Lebih banyak asam lemak esensial

Pada kulit ari terdapat kandungan asam-asam lemak esensial yang sangat bermanfaat baik untuk tumbuh kembang terutama bayi maupun anak. "Belum lagi kandungan zat besinya yang lebih tinggi dari beras putih," tambah Ahmad.

4. Kandungan Vitamun B lebih tinggi

Nasi merah memiliki kandungan thiamin atau vitamin B1 yang lebih tinggi yang sangat penting untuk metabolisme karbohidrat dan energi. Vitamin ini juga penting untuk neurotrasmintter atau "anti-stres". Thiamin juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menahan kondisi stres.

5. Lebih banyak antioksidan

Warna merah pada nasi merah sebenarnya adalah pigmen-pigmen antioksidan, seperti antocyanin. Antioksoidan ini dapat mencegah oksidasi asam-asam lemak yang dapat memicu radikal bebas dan menyebabkan kanker. "Belum lagi nasi merah ini juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol buruk di dalam darah," tambah Ahmad.

6. Lebih tahan lapar

Nasi merah adalah makanan dengan indeks glikemik yang rendah sehingga dapat membantu mencegah terjadinya lonjakan gula darah dalam waktu seketika. Efeknya, konsumsi nasi merah tidak akan menyebabkan perut menjadi cepat lapar. "Jadi nasi merah untuk orang yang sedang diet atau diabetik sangat bagus memilih makanan ini," imbuhnya.

Jadi Segera Beralihlah ke Nasi Merah!!!

Related Post:

Share this article :

+ komentar + 1 komentar

4 September 2013 18.48

Hehehe, makasih yaa sob. dah mantu saya

Posting Komentar

 
Support : Creating Website
Copyright © 2011. Concept191 - All Rights Reserved
Template Created by Klik Cari Published by Klik Cari
Proudly powered by Blogger